Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips. Mengusir rasa jenuh.

Beberapa hari lalu, sebuah pesan di aplikasi whats app masuk. Dari seorang teman. Singkat cerita, obrol sani sini dan sedikit basa basi, akhirnya terungkap juga kegaulaannya yang sedang dirasakannya. Jenuh dan merasa 'stuck' dikantornya. Apalagi, saat dirasakan karirnya sudah mandeg dan susah untuk mengembangkan diri lagi. Rasa jenuh emang biasa terjadi, konon, apalagi kalau pekerjaan itu terkesan monoton, dan terlalu sering di belakang meja, di kantor seharian. Biasanya akan lebih cepat jenuh dibandingkan dengan pekerja lapangan. Salah seorang teman, yang kebetulan juga sedang terapi, membagi tipsnya dengan meluangkan waktu pergi sebentar dan berdiam diri menikmati pantai, karena kebetulan tempat kerjanya tidak jauh dari pantai. 



Beruntung sekali jika tempat kerjanya memang dekat dengan pantai, karena tempat ini sangat ideal untuk pereda stress dan refreshing. Tapi yang jauh dari pantai juga jangan berkecil hati ya, karena masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kejenuhan. Yup, kegalauan yang melanda saat jenuh ditempat kerja. 

Karena, kadang, keinginan untuk membantu lebih besar dibandingkan dengan ilmu yang dibutuhkan dalam rangka menanggapi curhatan teman-teman saya yang mencurahkan keluh kesahnya, sehingga, akhirnya berkesan sok tau. Untuk itu, saya minta maaf, karena yang akan saya bahas ini tips yang bisa dicoba untuk mengobati atau setidaknya mengurangi kejenuhan dengan rutinitas di tempat kerja ataupun kehidupan sehari hari. Berdasarkan pengalaman saya dulu sebagai orang pekerja kantoran.

Nah, karena ini tips yang berdasarkan pengalaman tentu saja ada kemungkinan besar tips ini hanya cocok dan berlaku buat saya hehehe ( Lah? )

1. Saat jenuh dan mulai males untuk berangkat kerja, ingatkan diri sendiri untuk selalu bersyukur bahwa saat ini, kita masih bisa bekerja. Masih capek dan lelah karena bekerja, bukan capek dan lelah karena mencari kerja.

2. Saat berangkat kerja, coba rute perjalanan yang lain dari pada biasanya. Kalaupun itu rute satu satunya, mungkin jam berangkat diubah lebih pagi lagi, karena suasana yang lebih pagi bisa jadi berbeda. Bonusnya suasana lebih lengang dan udara juga lebih segar, saat sampai kantor, suasana juga kemungkinan masih sepi sehingga membantu kita untuk menata hati untuk bersemangat kerja di hari itu.

3. Ubah kebiasaan rutin kita, misal, biasanya sebelum ke kantor, kita selalu berdandan maksimal dan paripurna, bisa jadi untuk saat ini diubah lebih  praktis dan sederhana. Apalagi, nih, terkait make up, sekarang lagi trend yang namanya, skinimalism, apa itu? kalau ga salah sih, trend make up yang menampilkan riasan wajah yang cenderung natural, minimalis dan terlihat 'no make up' make up gitu..mau di coba? kebetulan kalau saya memang tidak bisa dandan, jadi dari dulu sudah ala kadarnya :)

4. Ubah kebiasaan di jam lunch break, kalau biasanya makan siang molor, kali ini harus tepat waktu, kalau biasanya makan siang rame rame, bisa di coba makan siang sendirian, jadi ga perlu saling tunggu dan waktu untuk menetralisir kepenatan selama bekerja bisa lebih maksimal.

5. Selflove. Misal, kita biasanya perhitungan dengan diri sendiri, coba sesekali untuk tidak terlalu keras dan membiarkan kita memanjakan diri sendiri dengan makan makanan yang kita sukai atau membeli barang yang kita butuhkan meskipun sedikit lebih mahal. 


6. Jika biasanya, dengan senang hati membantu pekerjaan teman dikantor yang seringnya malah menganggu kerjaan kita , sesekali bersikap fokus untuk bisa mengerjakan tugas sendiri, meskipun kesannya kadang egois, tapi terlalu baik hati juga kadang tidak bagus, karena biasanya jadi mudah untuk dimanfaatkan yang akhirnya, kerjaan kita sendiri tidak selesai, dan energi kita terkuras untuk sesuatu yang bukan kewajiban kita.

7. Hobby. Kadang, setelah masuk kerja, hal ini jadi terlupakan, karena kesibukan dan stress dalam pekerjaan yang pada akhirnya selalu merasa tidak ada waktu atau malah merasa bersalah untuk melakukan hobby kita. Tapi, hobby itu bisa jadi sesuatu yang menyelamatkan kita dari kejenuhan dan menjadi mood booster. 

8. Games yang melibatkan orang dekat kita, bisa saudara, teman atau sahabat, misalkan anda mempunya hobby nonton film yang sama dengan sahabat anda, tapi belum tentu genre dan aktor yang menjadi kesukaan kalian sama, nah, bisa dicoba, games tebak karakter favorit yang ada dalam film tertentu, jadi anda akan menonton film yang sudah ditentukan oleh teman atau sahabat anda, kemudian mencoba menebak karakter favoritnya, begitu juga dengan sahabat anda harus bisa menebak karakter yang anda sukai di sebuah film yang sudah anda tentukan untuk ditonton oleh sahabat atau teman anda. Kalau dari pengalaman saya sih seru, jadi refresh karena merasa tertantang, tapi jangan lupa yaa, nontonnya diluar jam kerja :)

9. Lebih religius. Siapa tahu rasa jenuh dan kadang disertai dengan rasa kehampaan itu hanya salah satu tanda bahwa kita sedang jauh denganNya. Sehinggga kita perlu lebih mendekat lagi.

10. Ambil cuti, Liburan.

Nah, sepertinya 10 hal ini bisa dicoba untuk menghilangkan atau setidaknya meminimalisir kejenuhan yang sedang melanda. Seperti yang saya bilang sebelumnya, tips ini berdasarkan pengalaman dan masukan dulu saat masih ngantor yang bisa jadi tidak 'compatible' bagi sebagian orang, namun, semoga, setidaknya, sharing saya kali ini bisa jadi sesuatu yang layak diusahakan.

Jika dirasa masih kurang dan ada yang mau menambahkan, feel free yaa silakan ditambahkan di kolom komentar, terima kasih :)



Posting Komentar untuk "10 Tips. Mengusir rasa jenuh."

Berlangganan via Email