Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Piknik di Pantai Balangan, Jimbaran, Bali.

Setelah sekian purnama, akhirnya bisa menikmati plesiran di pantai balangan. Sebelumnya, ada beberapa lokasi yang pingin dikunjungi, namun suasananya masih sepi sekali nyaris tidak ada pengunjungnya, padahal pantainya indah dan dulunya sangat populer khususnya yang suka dengan olah raga Surfing. Berhubung belum kondusif akhirnya memutuskan untuk plesiran ke pantai Balangan.

Pantai Balangan berada di desa ungasan, kelurahan jimbaran, kecamatan kutasSelatan, bali. Memang, jimbaran dan kuta adalah tempat yang sangat terkenal di Bali dengan wisata pemandangan pantainya. Tidak heran, Kuta dan Jimbaran jadi salah satu tujuan wisata, terlebih lagi wisatawan mancanegara yang menyukai olah raga selancar.


Foto oleh  Happylikeabee

Nah, plesiran kami ke pantai balangan waktu itu  memang sengaja untuk piknik. Sebuah 'Bucket List' yang memang sudah saya idam idamkan. Pengennya, merasakan piknik di pantai bersama suami. Meskipun dulu pernah juga sih, piknik di pantai di Yogyakarta, tapi saat itu seru seruan bersama teman teman satu komplek, tetanggaan yang kebetulan seumuran. Dan betapa hepinya saya ketika akhirnya suami punya waktu luang di hari minggu dan bisa merealisasikan 'my bucket list' ini.

Karena emang niatnya piknik, sengaja bawa makanan dan cemilan yang banyak, juga alas duduk supaya lebih betah menikmati pemandangan pantai sambil cemal cemil. Biasanya hal hal yang disenengi itu kan direncanakan lebih dulu kan ya? supaya benar benar semuanya seperti yang diharapkan dan bisa enjoy the moment tanpa ada yang mengganggu kenyamanan dan keamanan. Oleh karena itu saya share juga beberapa tips yang mungkin bisa jadi 'reminder' saat suatu waktu ada rencana piknik.

Tips Tipis Tipis Piknik di Pantai ala happylikeabee :

1. Jangan lupa wajah sudah diolesi dengan tabir surya, sekalian bawa untuk 'apply' lagi bila perlu.

2. Meskipun sudah oles oles tabir surya ( sunscreen ) memakai topi bisa membuat lebih nyaman, selain membantu mengurangi teriknya panas matahari, juga bisa menahan rambut ataupun jilbab dari angin angin nakal.

3. Kaca mata Hitam supaya mata tidak silau.

4. Kamera untuk dokumentasi meskipun kamera hp juga kadang sudah bagus hasilnya :)

5. Alas/tiker/ kain pantai supaya tidak kotor saat duduk di pantai 

6. Air putih/ Air kelapa supaya tidak dehidrasi.

7. Cemilan, makanan dan buah suapaya perut tidak lapar dan bisa tenang saat menikmati pemandangan pantai.

8. Cari lokasi yang bukan merupakan jalur lalu lalang pengunjung supaya tidak terganggu dengan datang dan perginya pengunjung lain.

9. Cari lokasi yang tidak terjangkau deburan ombak.

10. Cari lokasi yang instagramable untuk foto foto syantik :)

11. Jangan lupa jangan meninggalkan sampah. Harus tetap jaga kebersihan.

12. Siapin uang parkir.


Foto oleh Happylikeabee

Oh ya, cemilan, makanan dan buah lebih baik tidak asal diletakkan di alas sih, supaya rapi dan tidak kotor sebaikknay di masukkan di kontainer makanan atau piring. Kalau tidak mau repot, sewa saja picnic set yang harganya lumayan murah dan lengkap.

Kebetulan saat saya dan suami piknik di pantai balangan awal tahun yang lalu, kami mendapatkan spot piknik yang strategis dan nyaman. Sengaja, kami tidak turun ke pantai, hanya leyeh leyeh di sekitaran tebing yang menghadap pantai Balangan, namun pemandangan dari tebing itu sangat memuaskan. bisa melihat bentangan laut dan garis pantai balangan yang indah. 


Foto oleh Happylikeabee

Pantai balangan, selain enak untuk piknik, terkenal juga untuk spot pre wedding shoot. tapi karena masih pandemi seperti ini, kegiatan pre wedding shootnya belum aktif lagi. selain pre wedding shoot, spot foto untuk selfi atau foto cantik yang instagramable banyak sekali. Namun yang khas adalah foto dengan background rumah kuning di bawah tebing di tepi pantai. Bagi yang suka memancing, wuuiihh, cocok juga memancing rame rame bersama teman sambil menikmati suasana pantai. Sayang sekali, saat berkunjung januari lalu, air pantai balangan sedang pasang, sehingga hampir tidak ada pengunjung yang turun untuk berenang. Saat air sedang surut, di beberap titik pantai akan terlihat 'jacuzzi' alami yang semakin memperindah pantai balangan. dan pastinya instagramable :)

Menjelang matahari tenggelam, ternyata semakin banyak pengnjung yang datang. Dan, mostly, anak anak muda yang datang rombongan beserta teman temannya untuk menikmati pemandangan sunset. Wah seru sekali, parkiran yang luas di atas tebing di penuhi oleh kendaraan bermotor, roda dua dan empat. suasana semakin rame meskipun langit semakin temaram. Suasana ini baru pertama kali saya rasakan saat di pantai semenjak adanya ppkm yang berjilid jilid. Kehidupan normal kembali seperti sudah terpampang di depan mata.


Foto oleh Happylikeabee


Semoga pandemi ini bener bener berakhir sehingga lebih leluasa lagi untuk beraktifitas dan plesiran, khususnya pantai pantai yang sepi semoga menjadi cantik dan ramai kembali oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Aamiin.


ps :

Well, selain harus hati hati saat berjalan jalan di tebing pantai balangan karena banyaknya kotoran sapi dan bau khasnya, pantai Balangan emang semenarik itu, apalagi untuk piknik :)


Posting Komentar untuk "Piknik di Pantai Balangan, Jimbaran, Bali."