Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masakan khas Temanggung. Empis empis tongkol dan tahu.

Belum move on dari mudik lebaran tempo lalu. Meskipun belum sempat liburan tapi hati tetap senang, karena beberapa 'bucket list' yang terwujud. Salah satunya adalah masak,  masakan khas temanggung yang sudah lama tidak saya lakukan, yaitu masak sayur emphis emphis  tongkol tahu.

Masakan ini adalah masakan khas temanggung. Sebenarnya resepnya sederhana, tapi rasanya benar benar nikmat. Apalagi bagi pecinta masakan yang bercita rasa pedas manis. Maknyuuzzz. Okelah, daripada terlalu lama membahasnya, saya langsung ceritain saja yaa, bahan bahan dan cara untuk memasak sayur emphis emphis tongkol tahu.


Bahan bahan yang di perlukan :

1. Tongkol

2 Tahu putih

bumbu tumis 

1. Bawang merah 7 buah

2. Bawang Putih 5 buah

3. Cabe keriting hijau ( semakin banyak semakin pedas )

4. Salam Laos

kemudian santan kental sekitar 600ml, satu sendok gula merah dan secukupnya garam

Cara memasak.

1. Ikan tongkol dibersihkan, di potong menjadi 4 bagian dihilangkan durinya kemudian di goreng kering

2. Tahu di potong dadu atau menurut selera, lalu dibersihkan.

3. Bawah merah, bawang putih dan caber keriting hijau yang sudah di iris ditumis bersama dengan salam laos yang sudah di bersihkan juga. Setelah bumbu tumisan beraroma wangi, masukkan ikan tongkol yang sudah di goreng kering sebelumnya, di aduk beberapa saat, lalu tuangkan santan kental atau tergatung selera, tidak terlalu kental juga tidak apa2. Setelah diaduk beberapa saat masukkan gula jawa atau gula merah dan garam. lalu panaskan agak lama sampai minyak muncul dari kuah santan tadi. Setelah itu masukkan potongan tahu putihnya. Aduk kuah santannya lalu diamkan lagi. Supaya minyaknya mncul dari santan tadi, masak sayurnya memang harus lama, dengan api kecil. Kalau perlu wajan untuk memasaknya ditutup. Kalaupun santannya terlihat pecah, tidak mengapa, nanti kalau sudah benar benar cukup waktu masaknya dengan ditandai minyak yang keluar dari santan tadi, tambahin 3 sendok santan kental lalu diaduk pelan pelan sehingga santan tidak akan pecah lagi.

4. icip icip rasa maskan dan koreksi rasa, sehingga terasa pedas, manis dan gurih.

5. Matikan kompor dan masukkan sayur ke mangkuk.

Semudah itu. Selamat mencoba yaaa :)

Posting Komentar untuk "Masakan khas Temanggung. Empis empis tongkol dan tahu."